ARSITEKTUR KOMPUTER
Komponen Hardware ( Perangkat Keras)
Gambar
Konfigurasi Komputer
Komponen Pokok Hardware Komputer Terdiri Dari:
1. Alat
Input (Input Device)
2. Alat
Proses (Process Device)
3. Alat
Penyimpanan (Storage Device)
4. Alat
Output (Output Device)
5. Alat
Komunikasi
a.
Alat Input
Alat
input (Input Device) merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukan
data pada komputer. Alat input dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu alat input
langsung dan tidak langsung.
Contoh
alat input langsung antara lain :
-
Point of sale
-
Teleprinter terminal
-
Financial transaction
-
Mouse
-
Keyboard
-
Scanner
Contoh alat input tidak
langsung antara lain :
-
Punch card
-
Pita magnetic
-
Disk magnetic
b.
Alat Pemroses
Process Device terdiri dari CPU (Central
Processing Unit) , ALU (Arithmetic Logic Unit) dan CU (Central Unit).
CPU
merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Didalam CPU terdapat 2
unit yang mempunyai tugasnya masing-masing yaitu ALU dan CU.
Tugas
Arithmetic Logic Unit antara lain :
-
Melakukan semua perhitungan aritmatika
yang terjadi sesuai instruksi program
-
Melakukan pengabilan keputusan dari
operasi logika sesuai dengan instruksi program
Tugas
Control Unit antara lain :
-
Mengatur dan mengendalikan alat I/O
-
Mengambil instruksi dari main memory
-
Mengambil data dari main memory jika
dipelukan oleh proses
-
Mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU
-
Menyimpan hasil proses ke main memory
c. Alat
Penyimpanan
Alat
penyimpanan terbagi atas :
a. Main
Memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan
dari hasil pengolahan.
b. Register,
dipergunakan untuk menyimapn instruksi ddan data yang sedang diproses
c. External
Memory, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen (simpanan
luar)
Main memory terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). RAM merupakan memory yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.Struktur RAM :1. Input Storage2. Programe Storage3. Working Storage4. Output StorageROM merupakan memory yang hanya dapat dibaca saja.
SOFTWARE
(Perangkat Lunak)
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas
perangkat lunak komputer yang
memanfaatkan
kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai
kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut
untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama
perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya
memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna
untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki
kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan
pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen
pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Klasifikasi aplikasi
Aplikasi
dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:
1.
Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
2.
Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
3.
Perangkat lunak informasi kerja
4.
Perangkat lunak media dan hiburan
5.
Perangkat lunak pendidikan
6.
Perangkat lunak pengembangan media
7.
Perangkat lunak rekayasa produk
Pada
pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus
dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya
Perangkat lunak perusahaan
- Perangkat lunak akuntansi
- Bagian pendukung (back office)
- Perangkat lunak bisnis
- Manajemen sumber daya manusia
Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
- Perangkat lunak alur kerja bisnis
- Sistem manajemen basis data
- Manajemen aset digital
- Manajemen dokumen
Perangkat lunak informasi kerja
- Manajemen waktu dan sumber daya
- Manajemen data
- Dokumentasi
- Perangkat lunak analitik
- Perangkat lunak kolaborasi
Perangkat lunak media dan hiburan
- Media digital
- Perangkat lunak hiburan
Perangkat lunak pendidikan
- Manajemen ruang kelas
- Manajemen survei
- Manajemen pelatihan
- Perangkat lunak kesiapan penjualan
Perangkat lunak pengembangan media
- Perangkat lunak seni grafis
- Penyuntingan media
Perangkat lunak rekayasa produk
-Rekayasa perangkat keras
Sumber :
McLeod, Raymond Jr. Sistem Informasi Manajemen Jilid 1. PT Prenhallindo : Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar