Selasa, 20 Maret 2012

Perencanaan Organisasi Kewiraswastaan

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum menyusun perencanaan organisasi, antara lain :
 1.1              Definisi Perencanaan
Perencananaan adalah proses  menentukan cara suatu organisasi bisa mencapai tujuannnya, dengan tindakan yang tepat melalui proses ananlisa,evaluasi, seleksi kesempatan-kesempatan yang diprediksi sebelumnya.
1.2              Tujuan Perencanaan
Tujuan perencanaan adalah membentuk usaha yang terkoordinasi dalam organisasi.
Ada 2 tujuan dalam Perencanaan Organisasional :
·         Tujaun perlindungan (Protective) : meminimalisir resiko.
·         Tujuan kesepakatan ( Affirmitive) : meningkatkan tingkat keberhasilan organosasi
Menurut Koontz O’Donnel, Perencanaan adalah “untuk melancarkan pencapaian usaha dan tujuan”
1.3              Kerugian dan Keuntungan Perencanaan
Keuntungan Perncanaan :
§  Membantu wirausahawan berorientasi ke masa depan
§  Koordinasi keputusan yang tidak dibuat sekarang tidak mempengaruhi keputusan yang harus dibuat besok
§  Menekan tujuan-tujaun organisasisasional agar berjalan konstan dalam pencapaiannya.
Kerugian Perencanaan :
Penekanan pada perencanaan akan membuang banyak waktu manajemen, dan oleh sebab itu waktu yang digunakan dalam perencenaan dengan fungsi lain manajemen harus dibagi dengan baik.

1.4              Jenis-jenis Perencanaan
A.    Perencanaan Strategis
Perencanaan jangka panjang yang difokuskan pada organisasi secara keseluruhan,sehingga wirausahawan memandang organisasi sebagai suatu unit total dan melakukan keputusan jangka panjang untuk mencapai tujua organisasi. Perencanaan jangka panjang ini dapat tercapai dalam kurun waktu 3 smapai 5 tahun mendatang.
a.       Definisi Strategis
Strategi sebagai rencana luas dana umum yang dikembangkan untuk mencapai tujuan orgaisasi jangka panjang, sehingga strategi merupakan hasil akhir dari perencanaan strategis.
b.      Manajemen Strategis
Manajemen strategis merupakan proses yang menjamin bahwa proses dan manfaat organisasi dari penggunaan strategi organisasional yang tepat. Strategi yang tepat adalah strategi yang sesuai untuk kebutuhan organisasi pada saat tertentu .Empat langkah proses dalam manajemen strategis :
1.      Perumusan strategi
2.      Implementasi strategi
3.      Pengukuran hasil strategi
4.      Evaluasi strategi
B.     Perncanaan Taktis
Perencanaan taktis, yaitu perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan,dapat tercapai dalam jangka waktu 1 tahun atau kurang.
1.5              Perencanaan dan Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajemen dalam perencanaan :
a.         Manajemen Puncak : mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan apa tidak.
b.        Manajemen tingkat Menengah
c.         Manajemen tingkat Bawah

Tipe Perencanaan :
a.       Manajer tingkat bawah membuat perencanaan jangka pendek dengan keahlian operasi harian.
b.      Manajer tingkat menengah membuat perencanan jangka yang agak panjang
c.       Manajer puncak membuat perencanaan jangka panjang sesuai situasi organisasi keseluruhan.

1.6       Langkah-langkah dalam proses perencanaan yaitu:
1.      Menyatakan tujuan organisasi
2.      Memilih berbagai cara alternative untuk mencapai tujuan
3.      Mengembangkan premis yang menjadi dasar alternative
4.      Memilih alternative terbaik untuk mencapai tujuan
5.      Pengembangan rencana berdasarkan alternative yang dipilih
6.      Mengfungsikan rencana-rencana kedalam tindakan-tindakan

1.7       Tiga pendekatan untuk melaksanakan fungsi perencanaan
1.      Pendekatan probabilitas tinggi
2.      Pendekatan maksimasi
3.      Pendekatan adaptasi


1.8       Rencana – rencana
Suatu rencana merupakan suatu tindakan tertentu yang diusulkan untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. Suatu rencana mempunyai empat dimensi besar:
1.      Perulang dimensi
2.      Waktu
3.      Jangkauan
4.      Tingkatan

Jenis-jenis rencana :
1.      Rencana tetap, bisa dibagi menjadi kebijaksanaan, prosedur, dan aturan
2.      Rencana sekali pakai, bisa dibagi menjadi program dan anggaran.

1.9       Alat-alat perencanaan yaitu:
1.         Peramalan
yaitu teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi organisasi.
2.         Metode analisis runtun waktu
Digunakan untuk memprediksi penjualan dimasa mendatang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan penjualan.
3.         Penjadwalan
Proses perumusan daftar aktivitas yang mendetail yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi. Ada 2 macam penjadwalan :
Peta Gant (Gant Chart)
Merupakan diagram balok (bar graph) dengan waktu pada sumbu horizontal dan sumber daya yang dijadwalkan berada pada sumbu vertical
PERT (Program Evaluation and Review Techinique)
Merupakan aktivitas proyek yang menunjukkan baik estimasi waktu yang diperlukan


Perencanaan Organisasi adalah salah satu hal yang penting dalam memulai sesuatu. Dengan rencana yang baik, maka organisasi yang dibentuk juga akan baik dan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan ke depannya. Dengan Organisasi yang baik, kita dapat menghasilkan output yang baik pula, keefffektifan dan keeffisien dapat tercapai dalam mewujudkan tujuan bersama (Ary Setiyawan)


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi :
Modul Kewirausahaan, Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar